REZEKI SELAIN UANG
MOTIVASI

5 Rezeki Selain Uang Yang Sering Terlupakan

Saat ini kita sedang ada di masa yang tidak mudah. Adanya pandemi covid-19 membuat semua aspek kehidupan terdampak. Seperti ekonomi, pendidikan, dan sosial. Banyak perusahaan yang memberhentikan hubungan kerja dengan karyawan. Alasannya adalah omzet yang kian menurun. Pendidikan pun kena dampak. Dari TK hingga universitas, harus sekolah daring. Dimana ini tentu menjadi beban tersendiri bagi kalangan bawah yang tidak memiliki gadget memadai untuk daring. Aspek sosialpun begitu. Kemana-mana harus pakai masker. Lebih dari itu, kita dilarang berkerumun. Tentu ini yang paling susah. Sebab budaya orang Indonesia adalah senang bergaul, berkumpul ngobrol-ngobrol. Rasanya seperti tidak ada harapan. Penghasilan menurun sedangkan kebutuhan harus terus terpenuhi. Gara-gara keadaan, 5 rezeki selain uang berikut ini sering kita lupakan.

5 Rezeki Selain Uang Yang Sering Terlupakan

Tidak bisa dipungkiri, uang memang bisa membuat kita tersenyum.  Uang mampu memenuhi kebutuhan materiil kita. Seperti beli beras, lauk-pauk, susu anak, diapers, bayar kontrakan, dan kebutuhan lainnya.

Masa pandemi ini sungguh berat bagi semuanya. Tanpa kecuali. PHK merajalela dimana-mana. Yang jualanpun sepi pembeli. Ditambah ada beberapa kebutuhan yang harganya naik. Seperti jatuh tertimpa tangga. Sudah kena malang pendapatan turun. Eh, harga malah naik. Apes memang.

Manusiawi memang kalau merasa sedih karena tidak memiliki uang. Cemas kebutuhan keluarga tidak bisa terpenuhi. Tapi kita juga harus melihat dari sisi lain. Rezeki itu tidak hanya uang kok. Rezeki banyak ragamnya.

1. Keluarga yang rukun dan hangat

Kalau kamu masih memiliki keluarga yang rukun dan hangat, itu berarti kamu orang yang beruntung. Ini adalah rezeki selain uang yang wajib kamu syukuri. Sebab diluaran sana ada banyak orang yang memiliki masalah di keluarganya.

Saat ini kamu masih tinggal di rumah dengan keluarga yang hangat. Berkumpul dengan keluarga, berbagi canda dan tawa. Kamu benar-benar harus bersyukur. Ini adalah nikmat yang sangat besar dari Allah.

2. Tinggal di lingkungan yang damai

Meski di tengah pandemi, kita masih hidup di lingkungan yang damai. Lihatlah sekeliling kita. Kita memiliki tetangga yang baik hati. Kita bisa saling sapa berjabat senyum. Tidak ada keributan apalagi peperangan. Kita menjalani pandemi ini dengan damai. Coba kamu lihat di luar sana, ada wilayah yang sedang berkonflik. Mereka lebih berat dari kita. Melewati pandemi sekaligus takut akan serangan yang bisa datang tiba-tiba.

3. Masih bisa beribadah dengan leluasa

Ini juga rezeki selain uang yang harus kita syukuri. Di Indonesia, Alhamdulillah kita masih bisa beribadah dengan leluasa. Kerukunan antar umat beragama masih terjaga. Tidak ada yang mengganggu ketika umat lain sedang beribadah. Aduhai, betapa indahnya kehidupan ini. Lalu apakah masih pantas untuk bersedih hanya karena pendapatan menurun?

4. Masih diberikan kesempatan bertaubat

Ketika kamu membaca artikel ini, tentu kamu masih hidup kan? nah itu berarti Allah masih mengaruniakan kamu kesempatan. Allah masih memberimu umur untuk hari ini. Jadi ketika kamu mengeluh karena pendapatan menurun, bersyukurlah karena kamu masih hidup. Tidak ada yang lebih berarti selain ampunan-Nya. Dia-lah yang nanti bertemu denganmu di kehidupan yang kekal. Kita semua sangat butuh terhadap ampunan-Nya. Yuk manfaatkan hari ini dengan bertaubat.

5. Badan sehat bugar

Jelas, kesehatan adalah salah satu rezeki selain uang yang terbesar. Kesehatan adalah aset dari segala aset. Percuma toh banyak uang kalau kamu sakit? percuma toh punya barang mewah kalau sakit?

Padahal kesehatan ini nikmat paling besar, tapi kenapa ya kita sering melupakannnya? kita justru malah sedih hanya karena uang.

Kita layak bersyukur atas kesehatan yang masih dikaruniakan-Nya. Sebab dengan kesehatan ini, kita benar-benar bisa merasakan betapa nikmatnya hidup di dunia.

Penutup

Penyebab kita sedih tuh bukan karena cari uang yang sulit, tapi karena pandangan kita yang sempit. Buktinya banyak rezeki selain uang yang Allah kasih ke kita. Duh! jangan sampai kita jadi hamba yang tidak tau terima kasih. Udah di kasih banyak, malah komplen tidak puas pada satu hal. Padahal Allah lebih tahu apa yang bisa membuat kita bahagia.

Terima kasih ya kawan, sudah mampir di blog saya.

Silakan baca artikel menarik lainnya di sini

Jika ada yang ingin menambahkan terkait artikel ini, silakan sampaikan di kolom komentar.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Gratis?    OK No thanks