TIPS MEMPERBAIKI KESALAHAN
TIPS

5 Tips Memperbaiki Kesalahan

Kita ditakdirkan menjadi makhluk sosial. Kita tidak akan bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Baik itu di rumah, di sekolah, di masyarakat maupun di tempat kerja. Kita memang harus berinteraksi dengan orang lain. Harus bergaul dengan baik agar kehidupan menjadi sebuah harmoni yang indah. Namun ada kalanya interaksi kita dengan orang lain mengalami gesekan. Terkadang kita berbuat salah. Memang setiap orang pernah melakukan kesalahan. Tapi nggak semua orang bisa memperbaiki kesalahan. Berikut ini 5 Tips Memperbaiki kesalahan biar kamu nggak galau.

5 Tips Memperbaiki Kesalahan

Duh! padahal udah hati-hati banget bicara dan bersikap. Masih aja ngelakuin kesalahan. Kamu pernah kan merasa seperti itu? Ada aja tingkah laku yang bikin orang nggak enak. Ngelakuin kesalahan rasanya campur aduk memang. Ada takut, cemas, nyesal, pokoknya nggak enak banget deh.

Takut yang bersangkutan marah terus jadi nggak mau temenan lagi. Takut nggak dipercaya lagi. Terus ujung-ujungnya kepikiran dan nyalahin diri sendiri. Apalagi kalau ketemu sama orangnya. Bawaannya nggak enak sama sungkan aja gitu.

Tenangin diri dulu, jangan panik. Soalnya yang pernah melakukan kesalahan nggak cuma kamu. Semua orang yang hidup di planet bumi pernah melakukan kesalahan.

5 Tips memperbaiki kesalahan berikut ini bisa bikin kamu nggak galau dan jadi manusia yang baru.

1. Mengakui dan meminta maaf

Kewajiban pertama bagi orang yang melakukan kesalahan adalah meminta maaf. Jangan sampe nih, udah tau salah malah nggak minta maaf. Itu sih namanya songong.

Kalau kamu salah, kamu harus berani mengakui kesalahan. Orang lain mungkin akan memaklumi kalau kamu salah. Tapi mereka nggak akan pernah bisa terima sikap yang nggak mengakui kesalahan. Akui saja kesalahanmu dengan elegan.

Kemudian meminta maaf dengan santun. Kalau bisa bertemu langsung ya. Jangan lewat obrolan daring. Ajak ketemu langsung lalu ngobrol-ngobrol santai dengan yang bersangkutan. Minta maaf sewajarnya aja. Jangan terlalu didramatisir. Cukup sekali saja:

“Mbak, maafin aku ya. Kemarin sore aku udah ngelakuin kesalahan. Aku tau kesalahannya lumayan fatal. Aku minta maaf dan akan berusaha untuk nggak mengulanginya lagi. Lain kali akan lebih teliti lagi”

Lakukan dengan penuh keseriusan dan ketulusan hati. Orang lain akan melihat sikap dan cara kamu berbicara padanya saat minta maaf. Mungkin bagi orang lain memaafkanmu terasa berat. Tapi dengan kamu berani serius dan tulus mengakui dan meminta maaf, orang lain akan berusaha mengerti kamu.

2. Meminta ampun kepada Allah (tobat)

Setelah melakukan kesalahan kepada orang lain. Kamu harus segera tobat. Kenapa? karena kamu sudah membuat hati orang sakit. Gara-gara kesalahan yang kamu perbuat, orang lain jadi mengalami kesusahan. Tobat dan memohon ampunan pada-Nya dengan khusyu. Hati kamu akan menjadi lebih tenang

3. Berkomitmen untuk berubah

Bertekadlah di dalam hatimu untuk nggak ngelakuin kesalahan yang sama. Kamu harus benar-benar berkomitmen dengan dirimu sendiri. Ini sangat penting. Sebab menyangkut harga dirimu di mata orang lain. Apa kata mereka jika kamu terus-terusan mengulangi kesalahan yang sama? yang ada mereka nggak bakal respect sama kamu lagi.

4. Tunjukkan sikap yang lebih baik ke yang bersangkutan

Kamu tahu kamu salah. Kamu juga sudah meminta maaf. Tapi itu belum cukup. Kamu harus bisa menunjukkan perubahan kamu kepada yang bersangkutan. Tampakkanlah kesungguhan kamu untuk berubah. Tentunya, dengan tulus dan serius. Jangan seperti orang yang cari muka ya.

5. Bersabar

Namanya juga udah ngelakuin kesalahan. Udah bikin orang sedih dan susah. Atau malah udah bikin kepercayaan orang lain ke kamu berkurang. Sabar aja. Semuanya butuh waktu dan proses. Seiring waktu, kalau kamu serius mengamalkan komitmenmu itu, keadaan pasti akan kembali seperti sedia kala kok. Kamu akan mendapatkan kepercayaan yang utuh lagi dari yang bersangkutan.

Penutup

Gimana? setelah baca 5 tips memperbaiki kesalahan? udah sedikit lebih tenang kan? jangan galau lagi ya. Semua orang pernah berbuat salah kok. Namanya juga manusia bukan malaikat. hehe.

Terima kasih ya udah berkunjung ke blog saya .

Kamu juga bisa menemukan artikel lainnya yang bermanfaat di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Gratis?    OK No thanks