CARA AMPUH MENGATASI OVERTHINKING
TIPS

Cara Ampuh Mengatasi Overthinking

Sebenarnya sah-sah saja sih kalau kamu berpikir dahulu sebelum bertindak. Bagus malah, kamu jadi lebih hati-hati. Tapi akan jadi sangat berbahaya buat badan kamu kalau kamu berlebihan memikirkannya. Bahasa kerennya disebut overthinking. Singkatnya, ini adalah kondisi dimana kamu terlalu cemas memikirkan sesuatu hal. Asli deh, nggak enak banget. Di artikel ini saya akan share cara ampuh mengatasi overthinking. Selamat membaca ya.

Cara Ampuh Mengatasi Overthinking

Overthinking biasanya muncul ketika kamu ingin mengambil keputusan. Perasaan takut salah mengambil keputusan bikin kamu memikirkannya secara berlebihan.

Selain itu, overthinking juga bisa muncul dari penyasalan masa lalu. Kamu merasa bersalah di masa lalu, lalu kamu mencemaskan secara berlebihan kesalahan itu akan terulang kembali.

Bisa juga karena kamu memiliki trauma. Mungkin di masa lalu kamu pernah mengambil keputusan yang salah. Jadi kamu nggak bisa ngambil keputusan yang tepat saat ini.

Kamu disergap oleh rasa takut yang besar. Ini berbahaya lho, gaess. Jika kamu sekarang sedang mengalaminya, maka kamu harus segera mengatasi overthinking itu.

Bahaya overthinking

Seperti yang sudah saya sebutin di atas. Overthinking itu bukan masalah sepele. Jika dibiarkan akan berbahaya bagi psikis dan fisik kamu, gaess. Serius! Kamu harus benar-benar segera mengatasi overthinking mu itu.

Gaess, tahu nggak? ada sebuah studi yang dilakukan di Universitas of Michigan (kampus negeri di Amerika). Studi itu menemukan fakta bahwa dari golongan 25-35 tahun, 73%-nya punya kebiasaan overthinking. Nggak cuma kawula muda yang punya kebiasaan overthinking. Studi itu melahirkan fakta 62% dari golongan 45-55 tahun juga sering overthinking.

Dari studi itu juga ditemukan fakta bahwa kebiasaan overhinking itu sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Duh! ngeri ini gaess. Yakali kamu masih muda jadi sakit-sakitan gara-gara sering overthinking. Di bawah ini adalah dampak dari overthinking:

1. Stress

Overthinking bisa bikin kamu setress. Hihh ngeri. Kamu tahu nggak setress itu apa?  Kamu jadi nggak tenang ngapa-ngapain. Begini salah, begitu salah. Gara-gara overthinking, kamu jadi sering bengong. Diajak ngobrol nggak nyambung.

Saya pernah baca bahwa setress itu bisa menghasilkan hormon kortisol. Jadi pas kamu setress nih, saraf pusat di tubuh kamu itu ngasih perintah buat ngelepas si hormon itu.

Hormon kortisol itu bisa mempengaruhi gula darah di tubuh kamu. Kortisol juga punya sumbangsih untuk membuat energi di tubuh kamu. Akibat dari pelepasan hormon yang nggak terkendali itu, detak jantung kamu jadi nggak beraturan, terus kamu akan merasakan pusing, mual, capek, dan kamu nggak bisa konsentrasi.

Makanya kan orang-orang setress biasanya jadi sakit-sakitan. Emangnya kamu mau jadi penyakitan gara-gara overthinking?

2. Insomnia

Orang yang banyak pikiran mana bisa tenang sih? soalnya otaknya dipaksa terus-terusan mikir. Jadinya kekhwatiran itu numpuk di kepala. Bikin kamu nggak bisa tidur. Mau terus overthinking? siap-siap aja kurang tidur.

3. Nggak nafsu makan

Boro-boro nafsu makan, tidur aja kurang. Efek dari kebanyakan memikirkan sesuatu secara lebay ya gini. Ujung-ujungnya bengong, males ngapa-ngapain, nggak bergairah. Badan juga bisa letih rasanya. Efeknya jadi males makan.

Udah deh, mendingan udahin aja itu overthinking. Nggak ada gunanya banget. Malah bikin kamu kesiksa dan jadi penyakit. Nih gaes, kalau kamu setress, kurang tidur, nggak napsu makan, muka kamu juga bakal kusut. Keliatannya jadi kusam. Daya tahan tubuh juga menurun. Bisa gampang sakit. Seharusnya kamu menjalani hidup ini dengan senyuman. Jangan gara-gara overthinking, hidup dan badan kamu jadi rusak. Yuk buruan atasi overthinking itu.

5 Cara Ampuh Mengatasi Overthinking

Stop overthinking sekarang! kamu masih muda. Masih banyak yang harus kamu coba. Nggak masalah kalau salah ngambil keputusan. Memang kodratnya manusia dikasih beberapa pilihan dan ditakdirkan untuk memilih. Itu lebih baik daripada nggak punya pilihan sama sekali. Daripada kamu dipaksa untuk hanya mengambil satu pilihan.

1. Sholat

Cara ampuh yang pertama adalah dengan sholat. Namanya manusia, pasti butuh bimbingan Allah. Kamu nggak bisa ngambil resiko sendiri. Kamu juga nggak bakal bisa menanggung beban sendiri. Kamu harus meminta bantuan Allah. Caranya? kamu datengi Allah. Kamu hubungi Allah, samperin Allah. Ambil wudhu, terus solat. Kemudian berdoa meminta ketenangan hati dan bimbingan dalam memilih. Sholat apa? bisa sholat hajat atau sholat istikharah.

2. Dzikir

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du: 28)

Cara ampuh yang kedua adalah dengan berdzikir. Sesuai dengan firman Allah di atas. Allah memberikan jaminan kepada kita bahwa hanya dengan mengingat Allah (dzikrullah) hati jadi tenteram.

Daripada kamu buang waktu dan energi buat overthinking, mendingan kamu dzikir. Berpahala dan bisa bikin hati kamu tenang.

Dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumu’ah: 10)

Selain bisa bikin tenang, dzikir juga bisa bikin kamu beruntung, lhoo. Allah yang bilang, bukan saya. Allah yang jamin di dalam ayat-Nya. Ayo hilangkan overthinking. Ganti dengan selalu dzikir kepada Allah.

3. Membaca Al-Qur’an

Coba deh simak hadist berikut ini:

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Daripada membuang-buang waktu hanya untuk overthinking, lebih baik kamu membaca Al-Qur’an. Allah memberikan ganjaran yang sangat besar bagi pembaca Al-Qur’an. Yaitu kebaikan yang sangat banyak dari huruf-huruf yang kamu baca.

4. Menulis

Suatu ketika mendiang Pak BJ.Habibie berduka karena kehilangan Bu Ainun. Beliau mengalami keterpurukan yang dalam. Beliau sangat sedih. Oleh karena itu, dokter menyarankan agar beliau menulis. Mencurahkan segala apa yang ada dipikiran dan hatinya. Alhamdulillah, beliau menuruti saran dokter. Pada akhirnya beliau menjadi lebih tenang dan jadilah sebuah  buku yang indah dan bermanfaat untuk orang banyak.

Terbukti bahwa menulis bisa bermanfaat sebagai pelepas setress. Kamu yang sekarang sedang overthinking, bisa menuliskan segala apa yang kamu rasakan. Jangan ragu untuk curhat melalui tulisan. Itu akan sangat membantumu.

5. Lakukan hal yang kamu senangi

Kamu membutuhkan pengalihan untuk pikiranmu. Cobalah lakukan apapun yang kamu senangi. Lakukan hal-hal yang bisa bermanfaat dan kamu senang melakukannya.

Kamu bisa berolahraga, bergabung di komunitas relawan, atau apa saja yang penting positif dan kamu menyukainya.

Penutup

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hidup memang rumit. Penuh tuntutan dan pilihan. Terkadang kita dihadapkan pada suatu pilihan yang sulit. Gaess, orang yang paling berisiko hidupnya adalah orang yang nggak pernah ngambil risiko dalam hidupnya.

Jangan takut untuk mengambil keputusan. Percaya diri-lah pada langkah yang akan kamu pijakkan. Overthinking itu berat, kamu nggak akan kuat. Mendingan lakukan cara ampuh mengatasi overthinking ini biar kamu jadi bersemangat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Gratis?    OK No thanks